Kamis, 18 Maret 2010

SOSIOLOGI

Sosial Enginering


Nama : Onyong Belen
NIM : K4060607
Prody : Rancangbangun Peralatan Pertanian


Mengapa hewan bisa mempertahankan hidunya walau tanpa bantuan orang lain??

Hewan adalah makhluk yang telah diberikan kelebihan oleh Alloh SWT berupa insting “subhanalloh” kelebihan yang sangat luar biasa sekali. Hewan dengan insting (naluri untuk melakukan suatu hal) dan manusia dengan akal pikirannnya. Hewan bisa hidup tanpa bantuan orang lain itu benar adanya, mereka bisa langsung berlari setelah beberapa menit dilahirkan, bahkan berburu dan mencari makanan dengan kemampuannya sendiri. Itu karena mereka dibekali insting untuk melakuakan sesuatu termasuk mencari makan.

Tapi sesungguhnya hewan itupun bisa jadi makhluk sosial, dimanaa mereka berinteraksi satu sama lain dan bekerja sama untuk mencapai tujuan. Contohnya semut pekerja. semut pekerja mereka bekerja sama untuk membangun rumah tempat tinggal, mereka berkomunkasi dengan bahasa yang mereka sendiri, mereka mencari makan bahkan mereka mempunyai seorang pimpinan. Itu menandakan bahwa mereka berkomunikasi satu dengan yang lainnya.


Nama : Irvan Permana
NIM : K4060608
Prody : Rancangbangun Peralatan Pertanian


Apa yang terjadi apabila seseorang tidak berinteraksi dengan manusia atau orang lain??

Manusia tanpa komunikasi itu bisa saja terjadi (orang bisu) akan tetapi manusia tanpa interaksi dengan manusia maka itu sesuatu yang tidak wajar karena apabila manusia tidak berinteraksi dengan manusia lain maka dia akan terasing dan tertinggal dalam segala hal baik yang sifatnya personal, masyarakat, nasional maupun internasional.

Manusia berbeda dengan hewan yang memiliki insting, manusia memakai tak untuk bertahan hidup dan mengembangkan tarap hidupnya. Apabila otak itu tidak dipakai maka dia akan menjadi tumpul dan akhirnya berkarat yang menyembabkan orang yang menpunyai otak tersebut menjadi manusia purba moern yang hidup di dalam gua pada saat orang sudah pindah ke apartemen mewah atau mungkin pesawat antariksa di bulan.

“No man is an island". Tidak seorangpun hidup terisolasi. Penggambaran diri manusia melalui pepatah pendek ini cukup substansial sifatnya. Dikatakan demikian, sebab manusia pada hakekatnya adalah makhluk yang berinteraksi. Bahkan interaksi itu tidak melulu ekslusif antar manusia, tetapi juga inklusif dengan seluruh mikrokosmos. Termasuk interaksi manusia dengan seluruh alam ciptaan. Bahkan Tarzan yang hidupnya di hutan dan tidak pernah bertemu dengan manusia sekalipun dia tetap melakukan interaksi dengan hewan dan alam sekitarnya untuk menjalani hidupnya.

0 komentar:

 

Blogroll

Site Info

Text

HIDUP ADALAH TANTANGAN Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template